SUMUT

NASIONAL

Sisihkan Sebagian Rejeki, Bupati Eddy Berutu Berikan Sembako untuk Para Penyandang Disabilitas

Sabtu, 30 Mei 2020 | 09.33 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membagikan sembako untuk para warga penyandang disabilitas yang berada di Kecamatan Silima Pungga Pungga pada Jumat (29/5/2020). Sembako yang dibagikan tersebut merupakan bantuan pribadi langsung dari Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu sembari mengunjungi untuk menyemangati langsung para warga penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Dairi.

Di Kecamatan Silima Pungga Pungga ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi menyerahkan bantuan ke beberapa daerah yakni di Desa Siboras I, Desa Lae Pangaroan, Desa Sirata dan di Kelurahan Parongil dengan mendatangi sedikitnya 5 (lima) orang warga penyandang disabilitas yang ada di Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi, yang mana diharapkan bantuan pribadi dari Bupati Dairi ini sedikit-banyaknya dapat meringankan beban para warga penyandang disabilitas di tengah masa sulit Pandemi Covid-19.


Daerah pertama yang dikunjungi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu adalah Desa Siboras I dimana di desa ini Ketua TP PKK bersama rombongan bertemu dengan salah seorang penderita disabilitas yakni Rio Panjaitan (41).

Dari informasi yang diperoleh dari keluarga Rio Panjaitan bahwa Rio telah menderita lumpuh tak bisa berjalan yang sudah dialaminya selama 7 tahun terakhir setelah mengalami kecelakaan di tahun 2013 lalu. Di jelaskan oleh pihak keluarga, Rio mengalami lumpuh karena kecelakaan saat berada di perantauan.

“Untuk kesembuhan anak kami ini, kami sudah upayakan berbagai cara pengobatan, namun hingga saat ini belum dapat sembuh,” ujar orang tua dari Rio Panjaitan.

Di hadapan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, keluarga menyampaikan beberapa harapan diantaranya agar dapat membantu mempermudah pengurusan perpindahan Kartu Keluarga (KK) milik Rio Panjaitan dari tempat perantauan sehingga nantinya Rio dapat dengan mudah memperoleh bantuan jika ada program program bantuan yang datang dari pemerintah khsusnya di masa sulit Pandemi Covid-19 ini.

Mendengar hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan akan menyampaikan permasalahan tersebut kepada dinas terkait (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk segera ditindaklanjuti.

“Disini Saya bersama rombongan datang untuk memberikan sedikit bantuan kepada Rio dan keluarga. Bantuan ini datangnya bukan atas nama pemerintah, namun dari sumbangan pribadi Bapak Bupati Dairi, yang kebetulan saat ini tidak bisa hadir bersama-sama ditengah keluarga ini karena ada tugas yang sedang dikerjakan beliau diwaktu yang bersamaan ditempat berbeda. Semoga bisa bermanfaat untuk Rio dan Keluarga.” ujar Ketua TP PKK Kab Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu.

Usai menerima bantuan tersebut, orangtua Rio Panjaitan mewakili keluarga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu karena telah memperhatikan masyarakatnya khususnya para warga penyandang disabilitas.

“Kepada Ibu Bupati (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi) juga kami ucapkan terimakasih. Semoga selalu diberkati Tuhan dalam setiap tugas dan pekerjaannya,” ujar orang tua Rio.

Daerah selanjutnya yang dikunjungi Ketua TP PKK Kab Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu bersama rombongan adalah warga disabilitas yang ada di  Desa Lae Pangaroan dimana di desa ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi didampingi Kepala Desa Lae Pangaroan mengunjungi 2 orang warga penyandang disabilitas, yakni Sumihar br. Sinaga (68) dan Sahat Lumban Gaol.


Sumihar br. Sinaga dan Sahat Lumban Gaol tinggal di dalam rumah yang sangat sederhana berdindingkan kayu dan dirawat oleh keluarganya. Ditemui usai menyerahkan bantuan kepada keluarga tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan kunjungan yang dilakukan ke Kecamatan Silima Pungga Pungga adalah untuk melihat warga penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus seperti ibu Sumihar dan bapak Sahat yang sedang dikunjugi saat ini.

“Kami ingin memastikan bahwa para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Dairi mendapatkan perhatian, termasuk bantuan di tengah Pandemi Covid -19 yang mana penyaluran bantuan kepada mereka seluruhnya dapat berjalan dengan lancar seperti halnya pembagian bantuan baik itu BLT Dana Desa, bantuan dari Kementrian sosial sudah tersalurkan tepat kepada orang orang yang benar membutuhkan seperti keluarga yang kami kunjungi saat ini,” ujar Romy Mariani.

Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu juga mengatakan seluruh warga berhak untuk mendapat perhatian dari pemerintah, termasuk penyandang disabilitas.

“Bantuan yang diberikan saat ini bukan dari pemerintah, namun bantuan ini datang dari sumbangan pribadi bapak Bupati Dairi. Tentu doa kami semoga ke depan ini perhatian pemerintah dapat lebih dirasakan saudara saudara kita yang berkebutuhan khusus karena mereka terbatas kemampuannya untuk menghidupi diri sendiri,” pungkas Romy Mariani.

Mewakili keluarga usai menerima bantuan tersebut, Sahat Lumban Gaol dengan rasa penuh bahagia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu atas bantuan yang telah disalurkan kepada keluarganya.

“Semoga Bapak Bupati Dairi bersama Ibu Bupati (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi) tetap dalam keadaan sehat untuk memimpin Kabupaten Dairi ini dalam mewujudkan segala pembangunan di Kabupaten Dairi ini,” ucapnya.

Selain ke dua desa tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu juga mengunjungi 2 (dua) warga penyandang disabilitas lainnya di Keluarahan Parongil yakni Taringot Simanjuntak (26) dan Leni Napitupulu (25) dan juga di Desa Sirata yakni Lidya Purba.

Adapun bantuan sembako yang diberikan kepada para warga tersebut yakni beras, telur, gula serta minyak goreng.

Ada hal yang menarik, saat kunjungan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu di kediaman Leni Napitupulu (25) di Keluarahan Parongil. Selain mendapatkan bantuan sembako dari Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu dirinya juga mendapatkan uang tunai yang langsung dirogoh oleh Romy Mariani dari kantong pribadinya. Kejadian ini bermula saat Leni Napitupulu mendapatkan kunjungan dari Ketua TP PKK. Dirinya mengaku sangat suka menonton TV baik itu mengikuti pemberitaan yang ditayangkan di TV dan juga program siaran lain yang ditanyangkan di TV  yang merupakan teman keseehariannya menjalani hidup sebagai penyandang disabilitas karena keterbatasannya lebih banyak menghabiskan waktu duduk dan rebahan di kasur miliknya. Namun, belakangan ini ia tidak bisa menonon TV lantaran TV yang ada di rumahnya rusak.

"Tadi lansung spontan hati saya tergerak melihat Leni, yang lumpuh sejak lahir. Ia sangat suka menonton TV, dan saat kami ngobrol-ngobrol ia menunjuk-nunjuk ke arah TV karena TV-nya sudah rusak. Rasa iba saya tadi langsung muncul dan saya meninggalkan sejumlah uang dan memberikan amplop untuk memperbaiki TV-nya yang rusak. Dia senang sekali, saya pun terharu dan bahagia melihat dia bisa tersenyum dengan keterbatasnnya. Saya berpesan kepada masyarakat kita, agar  kita terus perduli kepada masyarakat kita, lingkungan kita dan sesama kita, terlebih kepada mereka saudara kita para penyandang disabilitas," tutup Romy Mariani.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru