SUMUT

NASIONAL

Jalan Inalum Berlobang, Jika Hujan Mirip Danau

Selasa, 16 Juni 2020 | 22.34 WIB
Kali Dibaca |

Jalan Acces Road Inalum yang  berlobang hingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.
Batu Bara, metrokampung.com
Kondisi ruas jalan Acces Road sepanjang 17 km dari Simpang Inalum menuju pabrik Pelabuhan Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, BatuBara, dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Sebab jalanan dipenuhi banyak lubang sehingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal terutama pengendara kreta.

Pantauan jusnalis metro kampung di lokasi, para pengendara kreta dan becak mesin yang melintas di jalan tersebut harus ektra hati -hati kalau tidak mau jungkir balik. Bahkan ketika hujan datang, lubang di jalanan mirip danau dan kolam ikan. Mengingat lubang di jalan beraspal yang tinggal kabur pemborongnya tersebut berdiameter cukup besar.

Menurut warga di sana, kondisi jalan berlubang tersebut sudah berlangsung lama dan tidak ada perbaikan.

"Kondisi jalan seperti ini sudah terjadi lebih dari sebulan terakhir. Selain berpotensi kecelakaan lalu lintas kondisi jalan rusak tersebut juga telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi warga. Pengendara harus ekstra hati-hati, salah sedikit saja pasti terjungkal. Dan ini sudah terjadi beberapa kali karena lubang jalan dan aspal yang tak mulus," tutur P Sitorus (33) warga setempat, Selasa (16/6/2020).

Sitorus menyebut kondisi jalan rusak diduga karena banyak dilintasi truk sawit dan tangki CPO melebihi kapasitas kekuatan jalan.
Keluhan serupa diungkapkan Surianto (45), penarik becak mesin. Menurutnya, selain menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, jalan rusak ini berisiko merusak kendaraan.

"Hampir seluruh becak mesin dan sopir angkot mengeluhkan jalan rusak ini. Selain jarak tempuh yang jadi lama, kondisi jalan tersebut bisa merusak suku cadang dan karoseri kendaraan," beber Anto.(rud/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru