SUMUT

NASIONAL

Jalan Rabat Beton ke Ladang Berbiaya Setengah Miliar Lebih

Minggu, 14 Juni 2020 | 06.16 WIB
Kali Dibaca |

Papan proyek jalan rabat beton yang menghabiskan biaya setengah miliar lebih bersumber dari dana desa TA 2019.
Gn Meriah, metrokampung.com
Biaya jalan cor beton menuju kawasan perladangan di Desa Gunung Paribuan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deliserdang yang bersumber dari dana desa cukup fantastis.

Betapa tidak, jalan beton sepanjang 500 meter dengan lebar 1,5 meter dan ketebalan 0.15 cm menelan biaya setengah miliar lebih.

Besarnya biaya pembuatan infrastruktur jalan rabat beton yang dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat desa terungkap dalam papan proyek.


Pantauan wartawan, di papan proyek tertulis nama kegiatan pembangunan rabat beton Simarbakkuang Tahun Anggaran (TA) 2019.

Total dananya menghabiskan biaya setengah miliar lebih. Namun penulisan total dana di papan proyek tidak terlalu jelas karena ada penghapusan beberapa angka. Perlu perhatian ektra agar bisa terbaca.

Menurut sejumlah warga di sana, ketebalan jalan rabat beton tersebut tidak semuanya 0,15 cm.  Dikarenakan kontur tanah yang tidak merata lantaran daerah pengunungan. Ditambah lagi banyaknya bebatuan di lokasi jalan yang akan dibuat cor beton menuju ke perladangan warga.

Kepala Desa Gunung Paribuan, Nurtiami Beru Tarigan tidak berhasil dikonfirmasi wartawan. Berhubung adanya larangan masuk bagi warga pendatang ke desa mereka disaat pandemi covid-19. Warga membuat portal di pintu masuk desa. Sementara warga desa tersebut bebas kemana pergi karena tidak ada larangan keluar desa.(tim/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru