Runtung Sitepu : Desember 2020 Sertifikat Paten USU Mencapai 50

Editor: metrokampung.com

Medan, metrokampung.com
Universitas Sumatera Utara (USU) masuk peringkat tujuh versi Paten 2019 Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI yang telah merilis 96 permohonan paten USU.

Pada 2017 USU belum masuk 10 besar. Namun seiring dengan peningkatan jumlah permohonan paten, maka di 2018 beranjak naik peringkat di posisi10, kata Runtung Sitepu melalui keterangan tertulis, Selasa (30/06/2020).

Runtung mengatakan jumlah paten USU yang terbit di 2019 sebanyak 35. Sedangkan pada 2020 dari Januari hingga Juni jumlah Sertifikat Paten USU yang sudah terbit 25.

“Diprediksi jumlah sertifikat paten yang terbit hingga Desember 2020 bisa mencapai 50 ,” kata Runtung.

Runtung menjelaskan tujuan dari hak paten tersebut antara lain adalah bermaksud untuk memberikan perlindungan hukum atas setiap karya intelektual sehingga terjamin hak kepemilikan pemegang paten.

Demikian halnya yang dilakukan USU yang berkomitmen penuh untuk mendukung para dosen dan penelitinya dalam mendapatkan hak paten.

Dia berharap semoga dalam kegiatan itu akan menambah secara signifikan jumlah paten granted yang diraih USU tahun  ini. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini