SUMUT

NASIONAL

Bupati Zahir: Batubara Akan Kembangkan Modifikasi Tenun dan Ecoprint Serta Pengalengan Makanan Khas Daerah

Jumat, 21 Agustus 2020 | 21.18 WIB
Kali Dibaca |

Fhoto bersama : Ir.H.Zahir, MAP bersama rombongan di lokasi pengerajin batik.
Yogyakarta, Metrokampung.com
Ketua TP- PKK Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir melihat langsung proses pengolahan teknik membatik pada batik ecoprint. Kita akan kembangkan di Batu Bara, karena bahan pembuatannya cukup banyak di dapat di daerah kita.

Hal tersebut di katakan Maya saat berdialog bersama pembatik dan rombongan di lokasi batik ecoprint jalan Turi KM 4 Desa Kalangan Trimulyo Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman Yogyakarta, Jum’at (21/8/2020).

Ny. Mayaindriasari Zahir setelah mendengar keterangan dari Presiden Direktur PT. Milang Kari Persada yang juga mengusung Brend Rumah Celub Indonesia, Fitriani Kuroda menceritakan teknik membatik pada batik ecoprint, memanfaatkan berbagai dedaunan, bunga, dan ranting- ranting pohon yang disebarkan begitu saja secara acak atau ditata di atas kain. Bahan-bahan itu digunakan untuk menggantikan cap atau cetakan layaknya batik tulis umumnya," urai Maya.

"Kemudian kain digulung dan direbus beberapa waktu hingga saat dibuka kembali sudah terbentuk gambar daun, bunga atau ranting. Hebatnya lagi, seluruh pengerjaan dilakukan oleh para ibu," tambahnya.

Bupati Batu Bara, Zahir yang turut dalam rombongan tersebut di dampingi Kadis Perindag UKM Ahmadan Choir dan Kadisdik Ilyas Sitorus, mengatakan akan mendukung penuh kegiatan ini untuk dikembangkan di Batu Bara mengingat kegiatan ini merupakan salah satu instruksi Presiden bahwa percepatan pemulihan pertumbuhan ekonomi disektor ekonomi melalui UMKM dalam upaya pemulihan pertumbuhan ekonomi kembali dimasa pandemik Covid-19 khususnya kita di Batu Bara melalui kegiatan produktif yang akan di kembangkan oleh kelompok masyarakat atau ibu-ibu nantinya. Kita akan siapkan fasilitasnya dan alat-alatnya juga," papar Zahir.

Ditempat yang sama Kadis Perindag dan UKM, Choir mengatakan kelompok perajin yang akan kita bentuk di Batu Bara juga akan kita jadikan kelompok yang menggunakan teknik ecoprint, yang menonjolkan karakteristik dan pemberdayaan berbasis potensi lokal dan kita mengharapkan bantuan pendampingan juga tentunya dari kawan kawan pengrajin dibawah binaan ibu Fitriani Kuroda," ujar Ahmadan Choir.

Usai mengunjungi PT. Milang Kari Persada yang juga pengusung Brend Rumah Celum Indonesia berlokasi di jalan Turi Desa Kalangan Trimulyo Sleman melanjutkan ke Rumah Kreatif BUMN Jogya di Jalan Sagan Timur Terban Gondokusuman dan Berakhir di PT. Makanan Sehat Indonesia dibawah Pimpinan Candra Setiawan Kesuma yang merupakan pemilik Rumah Produksi dan Pengemasan Gudeg Bu Lis sekaligus Ketua Panguyuban Gudeg Wijilan Yogyakarta.

Turut ikut dalam kunjungan itu selain Bupati Batu Bara, Zahir berserta Ketua TP PKK Ny. Mayaindriasari Zahir dan Perwakilan Pengurus TP PKK juga Kadis Perindag-UMKM Ahmadan Choir, Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus serta Kabag Pemerintahan Arief dan Kabag Protokol Z. ElWaldiip. (MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru