SUMUT

NASIONAL

Hinca Pandjaitan Minta Penegak Hukum Bersikap Netral di Pilkada Pakpak Bharat

Selasa, 13 Oktober 2020 | 11.01 WIB
Kali Dibaca |



Pakpak Bharat, metrokampung.com
Hinca Panjaitan dari Fraksi Demokrat DPR RI menyampaikan agar Pilkada Pakpak Bharat yang digelar pada Desember 2020 berjalan dengan fair, baik dan berkualitas.
Saat berada di Posko Pemenangan Sonni-Ramlan, Di Hotel Waris Dua (12/10/2020), dia dengan tegas juga menyampaikan netralitas para penyelenggara negara dalam Pilkada Pakpak Bharat 2020.

"Meskipun baru hari ini saya turun, saya dan teman-teman terus berkoordinasi agar pesta demokrasi ini fair, dan baik, dan berkualitas," ujarnya pada Minggu (12/10/2020).

Dia hadir di rumah pemenangan tersebut dengan mengenakan pakaian Adat Pakpak dan sambil Menikmati Makanan Khas Pakpak "Pelleng".

Dia juga menyinggung hasil pertemuan dengan Polri yang menghasilkan komitmen agar pihak Polri netral dalam Pilkada serentak yang akan digelar pada Desember 2020 mendatang.

"Saya juga menyampaikan di sini hasil rapat dengan Kapolri yang akhirnya mengeluarkan surat melalui telegram agar Polri, netral," lanjutnya.

"Karena saya meminta langsung soal Kota Pakpak Bharat, mulai dari Polres hingga Polsek nya, semua netral, karena itulah tugas mereka menurut Undang-Undang," lanjutnya.

Dia juga menyampaikan bahwa Demokrat sepenuhnya mendukung Pasangan Sonni-Ramlan dalam pertarungan Pilkada Pakpak Bharat mendatang.

"Saya diminta jadi pembina dan karena itu saya harus hadir, kami percaya mengurangi semangat kita untuk menuntaskan itu, Demokrat all out full," lanjutnya.

Dia menjelaskan perihal netralitas bagian dari penyelenggara negara, secara khusus pihak kepolisian atau penegak hukum.
Sikap netralitas tersebut telah dibicarakan di Komisi III DPR RI bersama seluruh Kapolda.

"Pertama-tama teman-teman, pada minggu yang lalu rapat dengar pendapat dengan Kapolri yang dihadiri seluruh Kapolda se-Indonesia di Komisi III, kami membicarakan Pilkada yang 207, khusus di Kota Pakpak Bharat, saya bicara agar penegak hukum atau siapa saja penyelenggara negara, jalankan tugasnya menurut Undang-Undang tanpa ikut berpihak kepada dua pasangan calon ini dan apa hasilnya? Salah satu kesimpulan rapat dari tiga butir adalah Polisi netral," pungkasnya.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru