Ilyas : Pemkab Batu Barq Jalin Kerjasama Dengan LPD LPMP SUMUT Melakukan Diklat In Service Learning 1 Calon Kepala Sekolah

Editor: metrokampung.com
Ilyas Sitorus saat sampaikan arahan kepada calon kepala sekolah.

Medan, Metrokampung.com
Pendidikan dan pelatihan In Cervise Training 1 ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepala sekolahan sehingga siap untuk memangku jabatan kepala sekolah secara profesional. 

Hal tersebut disampaikan Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus saat membuka Diklat In Service Learning 1 bagi Calon Kepala Sekolah bertempat di Griya Hotel Jalan T. Amir Hamzah Medan, Minggu siang ( 7/2/21). 

Masih menurut Ilyas kegiatan diklat in service learning 1 bertujuan untuk mengembangkan kompetensi calon kepala sekolah pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK). 

Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara Ilyas,  diklat ini selain melatih kompetensi calon kepala sekolah pada Manajerial, dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 Standart Nasional Pendidikan juga akan membangun komitmen calon Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan  sehingga dapat mewujudkan program sekolah penggerak, tambah ilyas. 

Ketua panitia Diklat, Ruslan yang juga Kabid  GTK mengatakan bahwa diklat ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah pada Manajerial dan Kepemimpinan calon kepala sekolah dan merupakan lanjutan kegiatan OJT (on job training) 1 telah dilaksanakan pada sabtu, 30 januari 2021 lalu. 

Diklat ini merupakan rangkaian dari tahapan program penyiapan calon kepala sekolah yakni seleksi administrasi, seleksi substansi dan diklat calon kepala sekolah yang telah diselenggarakan pada anggaran 2020 yang lalu dengan menghasilkan 34 org lulusan seleksi substansi dari 51 org yg mengikuti, tambah Ruslan. 

Program diklat calon kepala sekolah dilaksanakan dengan pola luring melalui konsep on-in-on-in dengan rincian 70 JP in service learning 1, 200 JP on the job learning dan 30 JP in service learning 2, sehingga total 300 JP yang diikuti oleh 34 orang calon kepala sekolah terdiri dari jenjang SD 22 orang dan SMP 12 orang dengan pelaksana adalah UPT LPMP Sumatera Utara bekerjasama dengan LPPKS Solo dan Dinas Pendidikan Batu Bara yang dibantu dengan Pengajar diklat.

Masih menurut Ruslan pada pembukaan kegiatan IN servis training 1  dibuka dan dihadiri Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, Kabid GTK Ruslan,  Rahmad Zein Kasi PTK Dikdas, Kasi Peserta Didik Dikdas  Hasbullah, Doli serta Supervisor dari LPMP Sumut  Misnutyanti dan Marni Sari Lingga serta Narasumber/Pemateri dari Unika St.Thomas Frida Simorangkir, M.Pd., Balai Besar Vokasi  Jupri Sinaga, M.Si serta Nurulwati, M.Pd mewakili LPPKSPS. Para Nanarasumber nantinya akan menyajikan pelatihan berupa Latihan Kepemimpinan, Manajerial, dan  Supervisi Guru dan Tendik.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini