Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Daun Agro Dukung Produktivitas Pertanian di Deli Serdang

Minggu, 28 Maret 2021 | 23.15 WIB
Kali Dibaca |

Wabup Deli Serdang berkesempatan panen jambu madu serta panen bersama

Namorambe, metrokampung.com
Daun Agro mempersembahkan panen raya demo plot dan ngobrol tani dengan tema "Kolaborasi Tani untuk Ketahanan Pangan" yang dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar, Duta Pertanian Organik Indonesia dan Internasional H Soekirman, Sabtu (27/3/21) di Desa Jati Kusuma Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang.

Direktur PT Daun Agro Nusantara M Hadi Nainggolan menyampaikan bahwa, Daun Agro di Sumatera Utara dan Aceh fokus memposisikan sebagai perusahaan yang menyerap hasil pertanian. Untuk itu PT Daun Agro Nusantara sudah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, begitu juga dengan Asuransi Jasindo terkait dengan gagal panen mulai masalah banjir, kekeringan, hama penyakit sudah dicover oleh Asuransi Jasindo bagi petani yang ada pada binaan PT. Daun Agro Nusantara.

Selanjutnya pada poin yang kedua PT Daun Agro Nusantara juga sebagai penjamin pembiayaan agar bagaimana supaya petani bisa mendapatkan akses pembiayaan yang mudah, dan yang ketiga adalah ketahanan pangan.
  
"Kita ingin membuktikan bahwa anak-anak muda atau pun generasi-generasi muda kita sebenarnya punya kemampuan meningkatkan produksi pertanian yang ada didalam Negri ini,"ungkapnya.
 
Daun Agro, sambungnya, benar benar ingin mendorong dan melahirkan tani-tani milenial, dengan mengajak kaum-kaum muda Indonesia khusunya Deli Serdang besama sama untuk bertani.
 
"Karena bertani juga punya masa depan, bertani juga punya harapan besar, bertani juga bisa membuat kita sejahtera, bertani juga bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas,"ucap Hadi Nainggolan.
 
Sementara Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar mengatakan, keberadaan kelompok tani merupakan aset yang sangat berharga dalam rangka menuju pembangunan pertanian yang maju dan modern. Mengingat bahwa sebagian besar daerah pertanian menjadi basisnya sektor pembangunan.
 
Namum harus disadari saat ini banyak hal yang menjadi tantangan dalam membangun sektor pertanian diantaranya memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan para kelompok tani,  dan regenerasi pelaku usaha sektor pertanian, dengan melaksanakan pembinaan dalam rangka penumbuhan dan pengembangan kelompok tani.
 
"Sehingga kaum milenial tergerak hatinya untuk bertani,"ujar Wabup.
 
Kegiatan ini, lanjut Wabup,  diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran dan pemberdayaan bagi para kelompok tani  yang ada di tempat ini. Sehingga berbagai kelemahan yang ada pada sektor pertanian dapat diperbaiki dan produktivitas sektor pertanian dapat ditingkatkan.

Pada akhir acara, Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar melakukan panen jambu madu serta panen padi bersama. Turut hadir pada acara tersebut Kadis Ketapang Herry Lubis, Kadis Pertanian Kamaluddin Ginting, serta Kaban Kesbangpol Haris Binar Ginting, Camat beserta Muspika Kecamatan Namorambe serta para kelompok tani.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru