Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Jalan Bakaran Batu Lb Pakam Berubah Menjadi Jalan Arsyad Lubis

Jumat, 09 April 2021 | 23.49 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan meresmikan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis yang sebelumnya bernama Jalan Bakaran.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan meresmikan pemakaian Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis yang sebelumnya bernama Jalan Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam, Kamis (8/4/21) sore.
 
Peresmian Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis tersebut ditandai pembukaan selubung nama jalan tersebut dan dihadiri Ketua Umum PB Aljam’iyatul Washliyah DR KH Masyhuril Khamis,Ketua PW Aljam’iyatul Washliyah Sumut DR H Dedi Iskandar Batubara, Ketua PD Aljam’iyatul Washliyah Kabupaten Deliserdang Muhammad Soleh dan Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri.
 
Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa bangga atas kedatangan Ketua Umum PB Aljam’iyatul Washliyah di Kabupaten Deliserdang untuk mengikuti kegiatan tersebut.
 
Menurut Ashari, peresmian nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis yang merupakan salah seorang pendiri organisasi Aljam’iyatul Washliyah tahun 1930 merupakan sebuah kebahagiaan bagi Pemkab Deli Serdang.

 “ Penamaan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis disalah satu Kota Lubuk Pakam ini sesungguhnya merupakan suatu yang sangat layak.Sehingga pantas diberikan penghargaan dan peresmian nama jalan ini.Lebih dari itu nama beliau wajib rasanya untuk dilestarikan dan diabadikan,”kata Ashari.

Ashari mengingatkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar mengabadikan nama Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis sebagai nama jalan saja, namun yang lebih penting dari itu adalah meneruskan perjuangannya dan menyebar luaskan pemikirannya.
 
Sambung Ashari, nama Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis bukan merupakan orang asing bagi Kabupaten Deli Serdang, karena diakhir hayatnya telah mengislamkan ribuan orang masyarakat Kabupaten Deli Serdang di Tanjung Morawa saat itu.
 
“Mari kita do’akan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis semoga Pemerintah, Negara segera menabalkan nama Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis sebagai salah seorang Pahlawan Nasional. Sarena kontribusinya bagi negeri ini tidak hanya sebatas dalam dakwah dan pendidikan,tetapi juga dalam perjuangan kemerdekaan melawan Belanda bersama para ulama," papar Ashari.
 
Ketua Umum PB Aljam’iyatul Washliyah, DR KH Masyhuril Khamis dalam sambutannya untuk menyamakan persepsi dalam membesarkan Aljam’iyatul Washliyah.
 
“Kami memberikan apresiasi cukup besar kepada Pemkab Deli Serdang yang memiliki perhatian cukup besar terhadap ulama kami salah seorang pendiri Aljam’iyatul Washliyah.Seorang penulis dan ulama yang banyak menerbitkan buku dan bukunya dipakai oleh santri. Kehadiran saya adalah bagian sejarah dan penghormatan kepada Aljam’iyatul Washliyah," tutur DR Masyhuril Khamis.
 
Pada kesempatan itu, Masyhuril Khamis juga menyampaikan terimakasih yang sama kepada Bupati Labura yang telah menyematkan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis di Aekkanopan dan menyusul Bupati Langkat yang juga mengabadikan salah satu jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis disana karena Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis lahir di Stabat.Dari semua itu Jalan Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam inilah yang sangat strategis untuk dijadikan nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis.
 
Ketua PW Aljam’iyatul Washliyah Sumatera Utara, DR H Dedi Iskandar Batubara juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang, khususnya bupati.Karena hanya dalam kurun waktu 5 hari setelah acara pelantikan PD Aljam’iyatul Washliyah Deli Serdang menjawab dengan tuntas seluruh harapan keluarga besar Aljam’iyatul Washliyah.
 
Peresmian Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis itu ditandai dengan penyerahan SK Bupati Deli Serdang Nomor 153 tentang Penabalan Nama Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis kepada Ketua Umum PB Aljam’iyatul Washliyah DR KH Masyhuril Khamis disaksikan Ketua PW Aljamiyatul Washiyah Sumut DR H Dedi Iskandar Batu Bara. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru