Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Kapal Pukat Apung Terbakar di Perairan Tanjung Api, 13 ABK Selamat

Kamis, 08 April 2021 | 07.16 WIB
Kali Dibaca |


Tanjungbalai, Metrokampung.com
Kapal nelayan jenis pukat Apung, KM Hasil Jaya GT 30 terbakar saat berlayar di perairan Tanjung Api, Asahan, Rabu (7/4/2021) sore. 

Seluruh isi kapal hangus terbakar dan tenggelam, sementara nahkoda serta 13 ABK berhasil selamat dari kejadian tersebut.

Dari keterangan yang dihimpun, kapal nelayan yang di nahkodai Sarjuk warga Sei Nangka Asahan, berlayar dari perairan Asahan sekitar Pukul 12.00 WIB untuk mencari ikan di Perairan Selat Malaka. Dan sekitar Pukul 15.00 WIB, kapal tersebut dikabarkan terbakar.

Dugaan sementara, api berasal dari knalpot kapal di buritan yang memercikan api dan menyambar BBM yang berdekatan, kemudian mesin kapal terbakar dan langsung membesar tanpa bisa dipadamkan. Seluruh ABK selamat setelah terjun ke laut, dan kemudian dibantu oleh kapal nelayan yang berdekatan. 

Personil Lanal TBA yang mengetahui kejadian itu langsung menuju lokasi kejadian dan mengevakuasi awak kapal beserta seluruh ABK ke Pos Lanal Bagan Asahan, sekitar Pukul 20.00 WIB. 

Nahkoda kapal, Sarjuk saat di Pos Lanal Bagan Asahan menceritakan, kebakaran dikarenakan selang minyak yang bocor di dalam kamar mesin, yang kemudian disambar percikan api knalpot hingga menyebabkan api langsung membesar. 

" Apinya langsung membesar. Barang barang pribadi kami pun tidak sempat terselamatkan. Saya langsung perintahkan seluruh ABK melompat, kemudian saya yang terakhir. Sekitar 20 menit kami berenang, kemudian ditolong kapal lain yang datang ke lokasi, "ucap Sarjuk sembari bersyukur bisa selamat bersama ABK nya dari kejadian tersebut. (ES/Mk)

Tanjungbalai, 7/4/2021
Penulis: Eben Silaban
Teks Foto:
Kapal Nelayan Jenis Pukat Apung, KM Hasil Jaya GT 30 saat terbakar saat berlayar di perairan Tanjung Api, Asahan, Rabu (7/4/2021). (Foto Mk/dok)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru