Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Ketua KONI Khairullah Siregar Dampingi Sekdakab Mewakili Bupati Buka Deli Serdang Rafting 2021

Senin, 19 Juli 2021 | 22.23 WIB
Kali Dibaca |

Kegiatan Deliserdang Rafting Tahun 2021dibuka dengan menabur benih ikan dan penanaman pohon.

Bangun Purba, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang diwakili Sekdakab Darwin Zein menghadiri dan membuka” Deli Serdang Rafting Tahun 2021” di Dusun VIII Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba, Sabtu ( 17/7/21) pagi. Kegiatan ini dibuka dengan menabur benih ikan dan penanaman pohon.
 
Hadir mendampingi Sekda, Asisten I Citra Efendi Capah, Asisten III Dedi Maswardy, para Kepala OPD, Sekjen Federasi Arung Jeram Indonesia ( FAJI) Sumut Elwin Riza Pahlevi, Ketua FAJI Deli Serdang Dharma Syahputra Purba, Ketua KONI Deli Serdang Khairullah Siregar, Camat Bangun Purba Raden Mewah Ristanto beserta Muspika, Kades Mabar Hendra Damanik, Kades Sibaganding Janur Barus, para Asosiasi Perjalanan wisata, pers dan TVRI dan pecinta arung jeram.
 
Dalam Laporannya, Kadis Porabudpar Khairum Rizal mengatakan kegiatan Deli Serdang Rafting Tahun 2021 dibiayai dari APBD Kabupaten Deli Serdang, para sponsor, partisipasi masyarakat dan kerjasama dengan FAJI Kabupaten Deli Serdang.
 
Tujuannya sebagai salah satu bentuk implementasi visi Pemkab Deli Serdang, yakni mewujudkan Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.
 
"Daerah ini akan menjadi pusat kegiatan olahraga arung jeram dan destinasi pariwisata unggulan Pemkab Deli Serdang dan memberikan manfaat dan kebanggaan Pemkab Deli Serdang khususnya sosial masyarakat Kecamatan Bangun Purba dalam meningkatkan  perekonomian,"kata Khairum.
 
Pada acara ini, lanjut Khairun, kita akan bersama-sama menelusuri dan mengarungi aliran Sungai Buaya yang indah dengan start dari tempat ini dan finish di Pantai Bela, Desa Sibaganding Kecamatan Bangun Purba dan akan dipandu  para ahlinya dari FAJI Deli Serdang dan Club anggota FAJI.”jelas Khairum Rizal.

Sekdakab Darwin Zein dalam arahannya memperkenalkan daerah ini untuk menjadi destinasi wisata dan olah raga, terutama arung jeram. Kabupaten Deli Serdang yang begitu luas membuatnya banyak memiliki potensi untuk dijadikan destinasi salah satunya sungai. Banyak sungai-sungai yang berada di Deli Serdang mempunyai potensi untuk dijadikan destinasi olahraga dan pariwisata.

 "Disaat pandemi Covid-19 kami membatasi tempat-tempat wisata dan olahraga, dan baru kali ini kami membuat kembali kegiatan berupa arung jeram. Namun kegiatan ini sesuai dengan protokol kesehatan dan pesertanya kami batasi,"ungkap Darwin Zein
 
Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
 
“Mudah-mudahan kedepannya ,tempat ini akan menjadi tempat destinasi wisata, supaya menambah penghasilan dan menggerakan perekonomian di Desa in. Apalagi sudah dibukanya akses jalan melalui kegiatan TMMD yang lalu,"tambahnya.
 
Menurut Sekda, tempat ini harus dikelola dengan baik oleh Desa Mabar melalui BUMDesnya. Pemkab berharap nantinya setelah melakukan beberapa pelatihan untuk pengelolaan tempat ini melalui BUMDes, desa harus mengikutsertakan masyarakat karena tujuan Utamanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru