Pengikut

SUMUT

NASIONAL


KKN DR 80 Mengajar Di Kelurahan

Minggu, 18 Juli 2021 | 19.48 WIB
Kali Dibaca |


Sergai, metrokampung.com
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswanya dari berbagai jurusan. Mahasiswa KKN DR Kelompok 80 di Kelurahan Pekan Dolok Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai memanfatkan kegiatan ini sebagai ajang mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya. Dikenal sebagai kampus pendidikan, mahasiswa KKN memberikan program KKN Mengajar sebagai sarana mengenal lingkungan sekolah yang ada di  juga sebagai sarana berbagi ilmu antar mahasiswa, siswa dan guru disana.

Kegiatan KKN Mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar, dengan konsep belajar sambil bermain berbasis kelas di MDTA Mukhrijul Hidayah. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN membantu memberikan materi pada peserta didik melalui permainan yang dilakukan di dalam kelas, dengan pengkondisian kelas semua siswa duduk bersama di kursi dan tetap menjaga jarak dan memakai masker. 


Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat antara guru dengan siswa, materi yang dipilih meliputi sosial kemasyarakatan, keagamaan dan keislaman, kesehatan masyarakat, sains dan teknologi, dan moderasi beragama dan kerukunan umat beragama serta juga keterampilan untuk mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi. Sasaran yang dituju adalah siswa kelas 2 hingga kelas 5 MDTA secara bergantian selama 1 hari.

Kegiatan ini memberikan edukasi berupa penanaman nilai sikap dari Al Qur'an & Hadits Nabi dan juga penanaman nilai moral yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, dalam pembelajaran keagamaan dan keislaman peserta didik diajarin untuk mengasah pengetahuannya kembali dan mengingat bahwa anak MDTA masih memiliki daya ingat yang tinggi sehingga jika mereka dilatih dengan baik maka tingkat pengetahuan mereka pun juga akan semakin baik. 

KKN Mengajar ini mendapat sambutan baik dari guru dan siswa dilihat dari respon yang diberikan sangat aktif. Selain itu, guru juga mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU Program kegiatan ini berdampak pada semakin dekatnya Mahasiswa dengan anak-anak murid MDTA dan juga anak-anak sekitar serta juga menambah pengalaman langsung di lingkungan, yang pasti akan dialami mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan," ujar Kepala Sekolah MDTA Mukhrijul Hidayah tersebut. 

M. Hendri Sugara Sinaga selaku Koordinator Lapangan mengucapkan ribuan Terimakasih kepada bapak/ibu kepala sekolah MTDA ini yang telah memberikan kami waktu dan juga tempat untuk mengaplikasikan dan juga mengajarkan atas ilmu yang kami dapatkan selama dibungku perkuliahan kepada anak-anak murid ini. Sekira nya semoga terjalin silaturahmi antara mahasiswa dengan guru-guru MDTA ini dapat kita jaga terus dan kita tingkatkan kembali. Saya berharap kepada bapak/ibu agar tidak bosan selalu dalam menerima kunjungan kami di lain waktu,” ujar M. Hendri Sugara Sinaga.

Di akhir kegiatan tersebut mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU melakukan foto bersama dengan guru-guru dan juga anak murid MDTA Mukhrijul Hidayah.(ys/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru