Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Bak Air Bersih Desa Simempar Berbiaya Rp 240 Juta Lebih Pecah

Minggu, 08 Agustus 2021 | 19.17 WIB
Kali Dibaca |

Warga desa memperbaiki pipa air bersih menuju bak penampungan yang sempat pecah.

Gn Meriah, metrokampung.com
Bangunan bak penampungan air bersih bagi warga Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang yang berada di perbukitan desa tersebut pecah, beberapa waktu silam.
 
Pecahnya bak berbiaya Rp 240.186.000 itu disebut-sebut karena dikerjakan asal jadi. Bangunan 2 unit bak gandeng yang berada di perbukitan dekat kawasan rumah warga itu keseluruhannya hanya terbuat dari batu bata tidak mengunakan cor beton.
 
Sehingga kekuatannya dipastikan tidak bertahan lama. Sempat beberapa lama terbengkalai usai  pecahnya bak.
 
Di dalam buku laporan realisasi Dana Desa TA 2019 juga disebutkan pemeliharaan sambungan air bersih di desa tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 20 juta.
 
"Macam mana tidak ambruk. Air yang berasal dari sumber mata air disalurkan ke dalam bak yang berada di atas bukit. Setelah itu air disalurkan ke rumah warga. Seharusnya bangunan bak itu dicor semen keseluruhannya. Ini hanya terbuat dari pasangan batu bata keliling. Ya pecah lah, mana tahan menampung beban beratnya air diketinggian,"terang sejumlah warga desa, Minggu (8/8/21).
 
Sambung warga, sempat lama juga baru diperbaiki setelah pecahnya bak penampungan air itu. 
 
"Bak penampungan air itu bukannya besar kali. Dibuatnya pun dari pasangan batu bata keliling. Tapi biayanya kok sampek Rp 240 jutaan lebih,"tambah  sebagian warga desa terheran begitu diperlihatkan buku laporan realisasi DD Simempar TA 2019.
 
Wajar warga menaruh kecurigaan dan terheran dengan besarnya biaya anggaran pembangunan di desa mereka. Sebab setiap rapat tahunan penetapan P-ABDes mereka tidak diikutsertakan dan hanya dihadiri oleh 12 warga yang itu-itu saja termasuk kades dan istrinya sebagai Ketua PKK. Hal ini terungkap dari buku perubahan P-ABDes Simempar TA 2019 -2020.
 
Kades Simempar, Wari Tarigan meminta wartawan untuk tidak mencari kesalahan dan saling menghargai.
 
"Jangan cari kesalahan Lih. Tolong kita saling menghargai,"tulisnya melalui messenger ketika dikonfirmasi wartawan.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru