DPRD Medan Minta Program Bantuan Bibit Ikan dan Tanaman Digalakkan

Editor: metrokampung.com

Anggota DPRD Medan Antonius Tumanggor.


Medan, Metrokampung.com
Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan diminta untuk kembali menggalakkan program pemberdayaan lahan pekarangan dengan tanaman produktif dan beternak ikan lele. Program ini tahun lalu sudah direalisasikan melalui pemberian bantuan bibit tanaman cabai dan bibit ikan lele kepada masyarakat apalagi terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan anggota Komisi IV DPRD Medan yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor, Senin (23/8/2021). Menurutnya, saat penerapan PPKM level 4 di Kota Medan saat ini OPD jajaran Pemko Medan harus lebih inovatif mendukung kerja keras Walikota Medan M Bobby Nasution dalam menangani pandemi Covid-19. 

"Baik itu penyiapan Isoter ataupun dukungan terhadap yang melakukan Isoman serta peningkatan perekonomian masyarakat," tandas Antonius
Salah satunya Dinas Pertanian dan Perikanan yang sudah sejak tahun lalu gencar dengan program tanaman produktif dan ternak lele dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

"Program ini harus lebih digalakkan kembali agar warga kota khususnya yang terdampak pandemi punya sampingan dan kesibukan yang bermanfaat secara ekonomis. Paling tidak kebutuhan untuk keluarga bisa terbantu, " ujar Antonius yang berasal dari Dapil 1 Kota Medan itu.

Antonius mencontohkan tahun lalu, warga Medan Helvetia membentuk Poktan (Kelompok Tani) dan mendapat bantuan bibit ikan dan bibit tanaman.

Bahkan saat Reses DPRD Medan dirangkaikan dengan pembagian bibit ikan lele dan ikan nila serta bibit bunga dan tanaman produktif. Masyarakat sudah merasakannya sehingga perlu digalakkan kembali.

Untuk saat ini, Dinas Pertanian dan Perikanan diharapkan dapat meningkatkan bantuan berupa bibit anak ayam dan bebek. Begitu juga pakan ternak saat kecil atau pemula.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Risyad Marbun mengatakan pihaknya masih terus mengembangkan pembibitan ikan dan tanaman produktif untuk membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang masih berjangkit di Kota Medan.
Pengembangbiakan bibit ikan dan tanaman produktif untuk menampung permintaan warga yang memanfaatkan lahan pekarangan dan kolam sederhana.

"Pada TA 2022 pun sudah kita programkan agar permintaan bibit ikan dan bibit tanaman produktif bisa terpenuhi," ujar Marbun. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini