Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Waspadai Money Politik di Pilkades Simempar Deli Serdang

Minggu, 19 September 2021 | 23.19 WIB
Kali Dibaca |

Kantor Desa Simempar yang berada di Desa Gunpar dan jarang dibuka.

Gunung Meriah, metrokampung.com
Pemkab Deli Serdang pada tahun 2022 menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak terhadap sejumlah kades yang telah habis masa jabatannya. 
 
Sementara kelengkapan berkas untuk para calon kades dilakukan  Oktober tahun ini.
 
Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang tercatat ikut dalam Pilkades serentak tersebut.
 Kepala desa petahana, Wari Tarigan dipastikan berlaga untuk priode ketiganya.
  Sejumlah pihak mewanti-wanti praktek money politik di desa tersebut pada Pilkades mendatang. Dikarenakan, kades petahana kenbali ingin berkuasa untuk ketiganya kalinya.
 "Waspadai politik uang pada Pilkades di Desa Simempar. Karena petahana ikut kembali mencalon diri sebagai kades 3 priode. Apalagi warga desa hanya 38 KK sehingga sangat mudah terjadinya politik uang,"bilang Aspin Sitorus, aktivis LSM kepada wartawan.
 Karena bagaimana pun, sambung Aspin, petahana akan berusaha mati-matian agar dirinya terpilih kembali menjadi kades.
 
"Mengingatkan dugaan korupsi penyelewengan dana desa Simempar saat ini ramai dibicarakan dan telah dilapor ke pihak berwajib. Jika dirinya kalah pada Pilkades mendatang, maka dipastikan dugaan penyelewengan dana desa semasa kepemimpinan kades 2 priode itu akan terang berderang mencuat kepermukaan. Ini yang ditakutkan oleh kades petahana Desa Simempar,"tambah Aspin.
 
Disebutkan warga Simempar, pada Pilkades Tahun 2016 silam,  Wari Tarigan berlaga dengan orang tuanya sendiri, Josep Tarigan.  
 
"Dan pada Pilkades mendatang, Wari Tarigan mendapat lawan berat dari salah seorang warganya yang maju bersamanya pada Pilkades serentak,"ujar Tarigan, warga Desa Simempar. 
 
Sementara S Sipayung, warga Gunung Meriah berharap adanya perubahan di desa tersebut dengan adanya lawan tanding yang sepadan pada Pilkades mendatang.
 
"Setidaknya jangan dia-dia saja yang memimpin di Desa Simempar. Kalau dia lagi yang menang dipastikan kerabat dan keluarganya akan kembali dipakainya. Seperti yang sekarang ini. Sekdes sepupu kades. Anak kades juga jadi anggota BPD,"ungkap S Sipayung.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru