Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Menghadiri Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranasda di Desa Meat, Kabupaten Toba

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Kementerian Koperasi UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersinergi untuk mengembangkan usaha kerajinan masyarakat di Destinasi Wisata Kabupaten Toba di Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan, Selasa (05/Oktober/2021).

Ceremonial kegiatan sinergi antar Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas di Destinasi Wisata Kabupaten Toba ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Ny Suzana Teten Masduki, didampingi Ketua Dekranasda Provsu Ny Nawal Edy Rahmayadi, Ketua Dekranasda Kabupaten Toba Ny Rita Marlina Poltak Sitorus, Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH, Direktur Bisnis dan Pemasaran Wientor Rah Mada, Bupati dan Wakil Bupati Toba Poltak Sitorus dan Tonny M Simanjuntak.


“Manfaatkanlah era digital dalam pemasaran setiap usaha di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” kata Ny Suzana Teten Masduki saat membuka pertemuan.

“Kami yakin dengan upaya kerja keras dalam mengembangkan setiap usaha, akan membuahkan hasil yang maksimal,” imbuh beliau yang sudah dua kali berkunjung ke Toba ini.

Rangkaian kegiatan ceremonial sinergi antar kementerian tersebut, diwarnai dengan penyerahan sejumlah KUR bagi sejumlah pengrajin tenun ulos, usaha kuliner, dan pelaku UMKM lainnya, dana bergulir dan BPUM oleh perbankan diantaranya Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank Sumut dan BNI.

Sementara itu, tanda pelatihan juga diberikan kepada peserta Marketing Mix, Sosialisasi Program KUR, Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan E- commerce bagi Usaha Mikro di Sektor Home Dacor, Sektor Pariwisata, Webinar, Bimtek Peningkatan Wirausaha dan Temu Mitra LLP-KUKM.

Sebelumnya, dilakukan penyematan tanda peserta Dekranas, pertanda dimulainya Kegiatan Sinergitas Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas.

Bupati Toba Poltak Sitorus, dalam sambutannya mengapresiasi program kegiatan tersebut. Semoga melalui kegiatan ini, akan memberikan warna baru dalam pengembangan kerajinan untuk mendukung kepariwisataan Danau Toba, secara khususnya di Kabupaten Toba.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan pengrajin tenun dan pengrajin lainnya yang hadir.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ny Leni Arnold Silaen (Sekretaris TP PKK Kabupaten Simalungun), Ny Masta Saragih (Pokja II TP PKK Kabupaten Simalungun), dan Ny Kartiem (Wakil Sekretaris TP PKK Kabupaten Simalungun), Camat Tampahan Freddy Panjaitan, Kepala Desa Meat Janri Simanjuntak, Ketua Desa Adat Ragi Hotang Guntur Sianipar dan sejumlah tokoh masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 serta pengamanan oleh TNI/Polri.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini