Pemkab Batu Bara Adakan Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Batu Bara

Editor: metrokampung.com
Maya Indriasari Zahir saat melihat langsung lomba masak ikan.

Batu Bara, Metrokampung.com
Kabupaten Batu Bara memiliki Sumber Daya Hasil Laut yang sangat besar,salah satunya adalah ikan. Dinas Perikanan bersama TP - PKK mengadakan  lomba masak ikan.Karena Ikan mengandung banyak protein. 
Dinas Perikanan bekerjasama dengan TP - PKK Kabupaten Batu Bara mengadakan lomba masak yang kreatif dan inovatif guna mengajak Gerakan Masyarakat makan ikan (Gemarikan).

Lomba masak mengusung Tema " Ayo Makan Ikan, Tingkatkan Imunitas, Lawan Covid 19 Dan Cegah Stunting".Yang menjadi  peserta dalam lomba ini adalah TP PKK Kecamatan Se- Kebupaten Batu Bara.Lomba diadakan  di Halaman Kantor Dinas Perikanan. Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Selasa (19/10/2021). 

Lomba masak juga bertujuan memberikan informasi tentang kandungan gizi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan anak. 
Dalam sambutannya Ketua TP PKK mengatakan Isu stunting menjadi hal serius yang harus diantisipasi bersama. Karena stunting akan berakibat menurunnya kualitas SDM Generasi Penerus. 

"Salah satu hal yang menyebabkan stunting pada anak ialah kurangnya asupan gizi yang seimbang. Ikan merupakan asupan makanan yang banyak mengandung protein tinggi dan asam lemak omega 3.

Oleh karenanya, TP PKK mengadakan sosialisasi pencegahan stunting salah satunya dengan mengajak Gemarikan (Gerakan Masyarakat makan ikan) kepada masyarakat, khususnya ibu hamil dan anak-anak," ungkap Ny.Maya.

Ketua TP PKK berharap, melalui kegiatan lomba masak ikan dapat memotivasi masyarakat menciptakan kreasi - kreasi menu berbahan baku ikan. 

Adapun yang menjadi pemenang dalam lomba yaitu juara 3 Kecamatan Datuk Lima Puluh,
Juara 2 Kecamatan Lima Puluh
Juara 1 Kecamatan Tanjung Tiram yang menyajikan Ikan Gembung kukus pari yang disiram saus udang dan acar.
Penyajian makanan yang dilombakan ialah ikan gembung. Dipilih ikan gembung karena sangat banyak dan gampang ditemukan pada pasar - pasar.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini