Bupati Labuhanbatu Ajak Stocholder Dukung Desa Berinovasi

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu Dr Erik Atrada didampingi Wakil Bupati Labuhanbatu Hj Elia Rosa Siregar ajak stocholder di Labuhanbatu mendukung kegiatan desa berinovasi, Senin (21/11/2022) saat kegiatan penanaman penangkaran bibit padi di Desa Sei Siarti.

"Kita ketahui bersama saat ini krisis pangan merupakan salah satu permasalahan prioritas dunia. Upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional berupa pemberian dukungan terhadap pasokan rantai makanan seperti melalui penyediaan peralatan mesin pertanian dan peningkatan produktivitas lahan," ujar Erik.

Akan tetapi upaya mewujudkan ketahanan pangan ,tambahnya masih menghadapi beberapa kendala terutama sekali pada tingkat daerah khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

Adapun masalah yang sering dihadapi antara lain belum optimalnya penyediaan infrastruktur pangan, skor pola pangan harapan (PPH) masih belum maksimal, belum terjaminnya ketersediaan dan diverifikasi pangan, belum optimalnya pengawasan keamanan, belum optimalnya pengelolaan cadangan pangan daerah, belum optimalnya inovasi bidang pangan dan belum optimalnya monitoring dan evaluasi.

Desa berinovasi akan menjadi wahana inovasi yang dikembangkan secara profesional dan didukung oleh kolaborasi antara pemangku kepentingan baik pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi atau lembaga penelitian dan pengembangan, komunitas masyarakat dan media. 

"Kualitas dan nilai tambah potensi unggulan desa yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan daya saing daerah Kabupaten labuhan batu yang sama kita cintai ini," ujar Bupati.

"Saya mengajak semua stakeholder yang ada untuk menjadikan desa sebagai penggerak inovasi. Yang nantinya inovasi dan kolaborasi Desa akan dipusatkan pada pos pelayanan teknologi tepat guna dan terbuka untuk inovasi di berbagai bidang, seperti inovasi tata kelola desa, pengelolaan sumber daya alam termasuk di dalamnya mencegah alih fungsi lahan, inovasi pendidikan dan kesehatan, serta inovasi desa wisata dan masih banyak lagi," ujarnya.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan mengharapkan dukungan kepada seluruh intansi yang terlibat dalam kegiatan ini, Saya berharap ke depan lebih banyak lagi pihak yang terlibat dalam mewujudkan desa berinovasi," tutupnya.(Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini