Persiapan Menghadapi Puncak Pemilu 2024, Polres Tanah Karo Gelar Apel Pengecekan Personel dan Simulasi PAM TPS

Editor: metrokampung.com

Karo, metrokampung.com 
Polres Tanah Karo menggelar apel kesiapan personel pengamanan dan pemberian buku panduan pengamanan di TPS Serta Simulasi Pengamanan TPS, di halaman apel Polres Tanah Karo, Selasa (06/02/2024). Apel yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tadi, dipimpin langsung oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA. 

"Hari ini kita melaksanakan apel kesiapan pasukan, selain itu kita juga melaksanakan simulasi pengamanan TPS untuk persiapan personel sebelum proses pemungutan suara," Kata Kapolres. 

Adapun tujuan pengecekan personel dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana persiapan personel, baik dari segi kelengkapan pendukung personel dan kepahaman dalam teknis pelaksanaan pengamanan di TPS serta juga kesehatan personel.



Dalam arahannya, Kapolres mengatakan Harkamtibmas adalah harga mati tuntutan tugas dan kewenangan yang diberikan kepada Polri, yang harus dilaksanakan dalam tanggung jawab pengamanan pemilu. Sebagai garda terdepan dalam hal pengamanan, Kapolres mengatakan hendaknya seluruh personil untuk mengajak dan mengkolaborasikan dengan instansi terkait. 

"Tentunya kita harus berkolaborasi dengan semua pihak yang terlibat, antara lain petugas KPPS, PTPS dan Linmas serta petugas lainnya selaku penyelanggara dan pengawas pemilu untuk tetap menjaga situasi agar tetap berjalan aman dan baik," ujarnya. 

Nantinya sebanyak 260 personel yang ditugaskan untuk pengamanan TPS, akan dilakukan pergeseran di H-1 pemungutan suara tepatnya di tanggal 13 Februari. Namun, H-5 sebelum tanggal 14, akan dilaksanakan pergeseran logistik pemilu ke wilayah, untuk pengawalan agar dilaksanakan dengan baik dan benar.

"Hindari perilaku negatif dan sikap yang kontra produktif terkait pengamanan TPS, jangan ada pelanggaran sekecil apapun," perintahnya. 

Sebelum mengakhiri arahannya, Kapolres meminta kepada semua personel untuk menjaga sikap sebagai anggota Polri, laksanakan tugas sesuai SOP dan berikan sikap simpatik dan humanis serta jalin komunikasi yang baik baik antara petugas maupun masyarakat. 

Selanjutnya pada pukul 09.30 WIB, Kapolres berasama PJU, mengecdk perlengkapan perorangan tiap tiap personel pengamanan, dilanjutkan pengecekan kesehatan personel dan pembagian vitamin dari Sidokkes. 

Pukul 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan kegiatan Simulasi Pengamanan di TPS dan penyampaian arahan teknis pelaksanaan pengamanan TPS kepada personel yang dipimpin Kabag Ops.

Pada apel tadi, turut dihadiri oleh Waka Kompol Zulham, S.H, S. Kom, M.H, M.M, Kabag Ops Kompol A. Abdilah, S.H, Seluruh PJU dan Kapolsek Jajaran, Perwira, serta Brigadir Dan ASN. (amr)
Share:
Komentar


Berita Terkini