SUMUT

NASIONAL

Karo dan Humbahas Sepakat Jalin Kerjasama Dibidang Holtikultura

Rabu, 20 Maret 2019 | 12.44 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Karo Terkelin Brahmana ,  Bupati Humbahas  Dosmar Banjarnahor, Kadis Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba, SSTP, , dan Kepala BPTP Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian  Sumut, dr. Hadijah Lubis Foto Bareng Sebelum Keberangkatan.

JAKARTA – METROKAMPUNG.COM
Rombongan tim Bencmarking Zero Budget Natural Farming resmi diberangkatkan oleh kemenkomaritim ke Negara Bagian Andhra Pradesh India  dalam rangka mengikuti program ZBNF (Zero Budget Natural Farming) dalam bidang pertanian alami berbiaya nol selama enam hari mulai tanggal 19 - 24 Maret 2019.

Keberangkatan tim terlihat saat menunggu keberangkatan di bandara  Soekarno hatta Gate 3 antara lain, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, Kadis Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba, SSTP, Kabid Sumber Daya Alam Kemaritiman True Khan, dan Kepala BPTP Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian  Sumut, dr. Hadijah Lubis , Selasa (19/3) pukul 18.00 Wib.

Pers Conferens yang diterima awak media menyebutkan, saat berada di bandara Sutta, Terkelin Brahmana berkomitmen dengan Bupati Humbang Hasundutan dimana antara kedua kabupaten kedepannya akan bersinergi dan join dalam pengiriman hasil pertanian. ungkap Terkelin.


Apalagi setelah sepulang dari  India ini, nantinya kami berdua sepakat selalu kompak melakukan ekspedisi pengiriman keluar negeri berupa  hasil pertanian  Kabupaten Humbang Hasundutan dan hasil pertanian Kabupaten Karo,ini barusan kami bicarakan, akhirnya menghasilkan satu  komitmen serta kesepakatan secara lisan, belum tertulis. Kata Terkelin.

Sambungnya, Mengenai tanaman pertanian yang dapat dikerjasamakan, nanti lebih lanjut kita kordinasikan bersama pak Bupati Humbang, pada prinsipnya tanaman Hortikultura, misalnya dari Karo, kol dan Jagung,sedangkan Humbang bisa saja nanti Kopi. Imbuhnya.

Sementara Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor  mengapreisasi pertemuan ini sangat luar biasa, bersama Bupati Karo, dimana kami sepakat kedepan menjalin kerja sama antar kedua kabupaten ini yang terkenal dalam bidang pertanian terlebih tanaman Hortikultura.

Kesuburan tanah yang dimiliki  ini membuktikan, sehingga pemerintah pusat melalui kemenkomaritim mengikuti sertakan daerah Karo dan Humbang Hasundutan ke India mempelajari ZBNF (Zero Budget Natural Farming) dalam bidang pertanian alami berbiaya nol dan tanpa zat kimia. Ujar Dosmar.

Saya Tegaskan kembali, kedepan Karo dan Humbang akan bersinergi selalu dalam ekspor tanaman Hortikultura, dari Humbang kopi dan kemenyan, ini yang kita jalin, tadi pak Bupati karo sudah setuju, dan komitmen kami bersama ini akan kita wujudkan. jelas Dosmar .(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru