SUMUT

NASIONAL

Pemkab DS Peringatan Nuzulul Kuran, Al Kuran Adalah Pedoman Hidup

Senin, 27 Mei 2019 | 21.54 WIB
Kali Dibaca |


Bt Kuis - metrokampung. com
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menggelar malam peringatan Nuzulul Kuran 1440 H di Masjid Nurul Hidayah Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Selasa (22/5) malam.

Peringatan Nyang bertemakan “Dengan Peringatan Nuzulul Qur’an, Mari Kita Amalkan Al-Quran untuk Mewujudkan Deliserdang Yang Maju, Sejahtera, Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan”,  diawali dengan pemberianbingkisan kepada 50 santri Pesantren Mawaridussalam Batangkuis yang khataman Kuran dan anak kurang mampu dilanjit dengan buka puasa bersama, Saolat Maghrib, Isya dan taraweh berjamaah bersama warga.

Turut hadir Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar bersama Wakil Ketua TP PKK Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, Staf Ahli, para Asisten, Pimpinan OPD, para Camat se Deli Serdang, Muspika Batangkuis, para kades se Kecamayan Batangkuis, Al Ustad Sholahuddin Siregar MA Penceramah pada peringatan Nuzulul Kuran 1440 H/2019.


"Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa karena didalamnya terdapat banyak sekali keutamaan yang tidak kita temui di bulan-bulan lainnya. Dan malam ini, kita bersama-sama akan memperingati Nuzul Kuran, satu di antara sekian banyak peristiwa istimewa di bulan Ramadhan yang merupakan momen penting dalam mengingat sejarah turunnya Kuran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai panduan menjalani kehidupan di atas bumi Allah yang fana ini. Sebagai kalam illahi, Kuran adalah pedoman hidup yang berisikan petunjuk bagi kita semua. Ayat Kuran yang pertama kali turun berisikan perintah membaca.”, kata Yusuf Siregar.

Perintah membaca itu, lanjutnya,  bukan hanya membaca dalam arti sempit, tapi membaca dalam arti yang luas. Membaca adalah inti dan awal dari sebuah proses pembelajaran dan proses pencarian ilmu pengetahuan yang dapat mendatangkan manfaat bagi setiap umat, yang tidak pernah kering didalam mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur. Menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan kedamaian bagi smua umat.

“Kita telah melewati puasa ke 16 dan memasuki malam ke 17 di bulan suci ramadhan 1440 H ini. 10 hari pertama telah kita lalui dengan penuh rahmat Allah SWT. malam hari ini, kita berada di 10 hari kedua yang penuh dengan ampunan. insya allah, 10 hari terakhir yang akan datang, Allah SWT memberikan kekuatan dan kesabaran kepada kita semua untuk dapat menyelesaikan ibadah puasa kita, dan “Alhamdulillah” adalah ungkapan yang paling indah untuk kita ucapkan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, karena kita turut dalam barisan orang- orang yang meningkat derajat ketaqwaannya terhadap Allah SWT , amin yaa rabbal‘aalamiin. Oleh karena itu, mari kita isi ramadhan ini dengan amalan- amalan serta senantiasa berlomba-lomba melakukan amal kebaikan," harap Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar.

Dalam Tausyiahnya Al-Ustad Sholahuddin Siregar MA menyampaikan   Nuzulul Qur’an yang kita peringati ini malam hari ini bukan hanya peringatan semata tetapi kita harus bisa mengimplementasikan kandungan Al-Qur’an,bukan hanya Cuma bisa membaca tapi di pelajari satu demi satu kandungan bacaan yang ada di dalam Al-Qur’an tersebut. Pada hari ini, banyak umat muslim meninggalkan ajaran Al-Qur’an,padahal Al-Quran sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan mereka sehari hari.untuk umat muslim di Deli Serdang,Marilah kita kembali kepada Al-Qur’an,bacalah Al-Quran,belajarlah,pahamilah dan implementasikan,mudah – mudahan Allah SWT mengabulkan apa yang telah di cita-citakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui visinya yaitu Mewujudkan Deli Serdang Yang Maju,Sejahtera,Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan.(dra/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru