SUMUT

NASIONAL

Pemkap Samosir Gelar Musrembang RKPD TA 2021

Jumat, 20 Maret 2020 | 18.16 WIB
Kali Dibaca |


Samosir, Metrokampung.com
Pemkab Samosir menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020, Kamis (19/3/2020), di Hotel JTS Parbaba. Musrenbang yang mengangkat tema “Mendorong Kemandirian masyarakat untuk memantapkan nilai tambah bidang pariwisata dan pertanian", dihadiri Bupati-Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, Ketua DPRD Saut Martua Tamba Asisten I Mangihut Sinaga,  Kepala OPD dan Camat, media serta para undangan.

Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba, mengatakan, bahwa kita harus bermusyawarah terbuka didalam Musrembang ini. Hal ini akan menjadi forum tentang menentukan dalam rangka menilai konsistensi kita terhadap rencana pembangunan jangka panjang yang sudah kita sepakati tahun 2016 sampai dengan 2021 oleh karena keberhasilan dalam mengikuti rencana pembangunan jangka bertahap yang sudah disepakati pada hari ini.

Maka dengan itu untuk kepada kita sekalian supaya memberikan sumbangsih pemikiran yang terbaik dalam rangka sukseskan program - program pembangunan yang akan kita laksanakan.
PEMKAP Samosir sebelumnya telah mendapatkan beberapa laporan - laporan pembangunan Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba, DPRD Kabupaten Samosir memberikan apresiasi atas prestasi - prestasi yang tercapai tersebut. Akan tetapi masih banyak  hal yang harus kita sepakati bersama untuk dilakukan kedepan sehingga Kabupaten Samosir ini menjadi yang terbaik, beliau juga menghimbau dalam forum ini untuk hanya terfokus dalam program - program pembangunan fisik dan infrastruktur juga termasuk rencana tentang pembrantasan angka kemiskinan.

Oleh karena itu kita seluruhnya untuk lebih aktif dalam menyelesaikan masalah ini.
Himbauan terakhir dari ketua DPRD Samosir adalah di dalam mengantisipasi menularnya virus cov-19 masyarakat untuk saling was - was dan membatasi diri terhadap hal - hal yang menimbulkan penyakit.

“Serta makna yang terkandung dalam Musrenbang ini bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan perencanaan pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap RKPD tahun 2021".

Rapidin Simbolon mengatakan, dalam rangka perencanaan pembangunan SDM, perekonomian rakyat dan infrastruktur sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021.

“Perencanaan pembangunan daerah yang akan kita sepakati pada hari ini hendaknya harus berpedoman dan mengakomodir pesan dan amanah yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Samosir Tahun 2016-2021,” tuturnya.

Selain itu, kata Bupati untuk sinkronisasi program prioritas program pemerintah provinsi dan pusat, maka perangkat daerah dalam menyusun program kegiatan memperhatikan program prioritas yang telah menjadi kebijakan Pemerintah agar tercipta harmonisasi program dan kegiatan yang semuanya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2021 ini disusun sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Samosir.

Liputan : Benry Naibaho
Editor : Simon Sinaga
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru