SUMUT

NASIONAL

Kabupaten Asahan Salah Satu Kabupaten Yang Akan Meraih Wilayah Bebas Pungli di Sumut

Kamis, 10 September 2020 | 20.38 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Unit Pemberantasan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan di Kabupaten Asahan, Rabu (9/9/2020).

Kunjungan Unit Saber Pungli Sumut di Asahan tersebut dipimpin langsung ketua pelaksana Kombes Pol Armia Fahmi didampingi Kompol M Ikhwan yang juga wakapolres Asahan dan unsur Forkopimda Kabupaten Asahan.

Kunjungan unit saber pungli Sumut tersebut untuk beraudensi dalam persiapan Kabupaten Asahan sebagai wilayah bebas pungutan liar (pungli).

"Hasil rapat koordinasi dan evaluasi semester 1 unit pemberantasan pungutan liar Sumut. Kabupaten Asahan sebagai salah satu kabupaten yang dicalonkan kabupaten bebas pungli, "kata Kombes Pol Armia Fahmi.

Irwasda Polda Sumut itu juga mengatakan bahwa indikator kebupaten bebas pungli yaitu instasi yang mendapat predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Untuk wilayah Kabupaten Asahan, baru Polres Asahan yang mendapatkan WBK dari KemenPAN-RB, "sebutnya.

Masih kata dia, untuk Pemkab Asahan, berdasarkan penilaian atas prestasi Sistem Akuntabilatas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kabupaten Asahan pada tahun 2017 hingga 2019 mendapat nilai B (62,52%) dengan kategori cukup baik.

"Perlu peningkatan kinerja dan manajemen pemerintahan agar mendapat predikat WBK dari KemenPAN-RB, "ujar Kombes Pol Armia Fahmi menambahkan.

Sementara itu, Bupati Asahan melalui Plt Sekertaris Daereh Kabupaten (Sekdakab) Asahan Jhon Hardi Nasution menyampaikan bahwa Pemkab Asahan telah membentuk tim saber pungli sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas saber pungli.

Selain peraturan Presiden sebagai payung hukum pembentukan tim saber pungli di Kabupaten Asahan. Bupati Asahan juga telah menerbitkan keputusan nomor 27 tahun 2017 tentang satgas tim saber pungli, "kata Jhon Hardi.

Selanjutnya Plt Sekdakab Asahan, Jhon Hardi Nasution juga mengapresiasi tim pemberantasan pungli Provinsi Sumut yang telah melakukan kunjungan di Kabupaten Asahan dalam rangka persiapan Kabupaten Asahan sebagai wilayah bebas pungli. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru