SUMUT

NASIONAL

Berkas Pelaporan Bacawabup Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin Diproses KASN

Kamis, 10 September 2020 | 13.05 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak Bharat, metrokampung.com
Kordinator divisi PHL Bawaslu, Saut Boangmanalu membenarkan kasus pelaporan bakal calon wakil bupati Pakpak Bharat Mutshihito Solin tengah ditangani oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Mutsuhito Solin dilaporkan sekelompok masyarakat pemerhati pemilu Pakpak Bharat ke Bawaslu atas dugaan keterlibatan ASN dalam Pilkada. Dalam pelaporan, meski statusnya masih dosen di Universitas Negeri Medan (Unimed) Mutsuhito Solin diduga ia sudah terlibat politik di Pilkada Pakpak Bharat.

"Benar, laporan tentang Mutsuhito Solin sedang diproses KASN Jakarta. Sebelumnya kami menerima laporan dari masyarakat keterlibatan bakal calon bupati Mutsuhito Solin yang diduga masih menjabat sebagai dosen tetap di Unimed, statusnya pegawai negeri," kata Kordiv PHL Papak Bharat Saut Boangmanalu di Medan, Kamis (10/9).

Saut menegaskan, soal pelaporan atas nama Mutsuhito Solin sebelumnya tidak tertahan lama di Bawaslu Pakpak Bharat. Ia mengatakan tenggang waktu usai dilaporkan untuk diserahkan ke Bawaslu hanya 5 hari.

"Tidak lama. Verifikasi berkas pelaporan di Bawaslu hanya 5 hari. Itu sudah lama, biasanya pun tiga hati. Laporan yang masuk di Bawaslu kemudian langsung diserakan ke KASN di Jakarta," katanya.

Ditanya soal sanksi, Saut menegaskan keputusannya adalah ranah KASN.

"Kalau sanksi adalah ranahnya KASN. Nanti hasilnya bisa diberikan sama Bawaslu. Intinya kalau itu bukan bagian kami. Kami hanya verifikasi berkas kemudian kami serahkan ke Jakarta," ungkapnya.(vik/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru