SMP N 1 Datuk Limapuluh Gelar Pemilihan ketua OSIS Periode 2020/2021

Editor: metrokampung.com
Tobok Luhut Situmorang saat coblos pemilihan ketua OSIS.
Batu Bara, Metrokampung.com
Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, unit pelaksanaan teknis daerah ( UPTD) SMP N 1 Datok Limapuluh gelar pemilihan ketua OSIS periode 2020/2021 bertempat di halaman sekolah SMP N 1 Datok Limapuluh Kecamatan Datuk Limapuluh Kabupaten Batu Bara.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari siswa kelas 7 dan 8, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru, para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2020/2021 melalui Video dan diposting melalui Akun Youtube (Tonabeth Channel) dan di share melalui media sosial lainnya WAG, FB dan Twitter.


Kepala unit pelaksanaan teknis daerah (UPTD) SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Tobok Luhut Situmorang kepada Metrokampung.com saat di temui di ruangannya.Senin (28/09) mengatakan, teknis pelaksanaan memamg diseting mendekati pemilu yang sesungguhnya.ada kampanye melalui Youtube, FB, WA dan Medsos lainnya, tapi sebelumnya ada sosialisasi dulu. Setelah kampanye calon, kemudian dilaksanakan pencoblosan. Harapannya untuk pembelajaran politik memang harus seperti ini,” ujarnya.

Pemilihan Metua OSIS UPTD SMPN 1 Datuk Lima Puluh dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan umum beberapa waktu lalu. PEMILU OSIS UPTD SMP NEGERI 1 DATUK LIMA PULUH Tujuannya adalah untuk pembelajaran kepada siswa karena realita di lapangan. Masih menggunakan sistem pencoblosan. Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS bekerja sama  dengan KPU Kabupaten Batu Bara. KPU meminjamkan bilik suara, kotak suara dan kelengkapan pencoblosan mulai dari tinta, bantalan tinta," ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Batu Bara menyampaikan Sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan  UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh dalam pemilihan ketua OSIS Pembelajaran Demokrasi Sejak Dini, namun diharapkan tidak melupakan Protokoler Kesehatan dimasa COVID 19 terutama ketika mencoblos sebaiknya jangan menggunakan paku tetapi menggunakan Pulpen sendiri, kata Amin Lubis,S.HI," ungkapnya.

Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus menjelaskan Kegiatan ini sangat luar biasa dan patut dicontoh oleh UPTD UPTD yang lain yang ada di Kabupaten Batu Bara. Dan seperti arahan Ibu Dr Novi dari Dinas Kesehatan setiap rangkaian kegiatan tetap mengikuti protokoler Kesehatan, menggunakan masker dan menggunakan pena. Dan harapan setiap rangkaian kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan pemimpin yang mengayomi teman temannya di sekolah," pintanya.

Pelaksanaan pemungutan suara dibagi menjadi 7 tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diatur di lapangan sekolah. Setiap Warga Sekolah diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS. Diharapkan semua Warga Sekolah menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Satu persatu Warga Sekolah pemilih sesuai dengan jadwal mendatangi TPS untuk mendapat kertas suara, melakukan pencoblosan. Memasukkan ke kotak suara dan satu jari ditandai dengan tinta. 583 Warga Sekolah telah melaksanakan hak pilihnya. Penghitungan suara juga dilaksanakan seperti Pemilu. Setiap calon mengirimkan saksi untuk memantau jalannya penghitungan suara. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil).

Sebelum dilaksanakannya Pemilihan Ketua OSIS, Panitia mengadakan Seminar “Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh” melalui Aplikasi ZOOM dipandu HOST Bpk Sulaimannuh Arma, S.Pd (PKS Kesiswaan) dan langsung dibuka Oleh Kadisdik Batu Bara (Ilyas S. Sitorus, SE, M.Pd) serta menjadi Pembicara Ketua KPU Batu Bara (M. Amin Lubis, S.HI, Pimpinan Bawaslu (Allen Sitohang, S.Si), Kepala Puskesmas Simpang Dolok (Dr. Dina Novinda).

Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh pembina OSIS. Sabtu, 26 September 2020 dilakukan penghitungan Suara dan diperoleh No Urut 1 (Natasya – Fida) 306 Suara, No urut 2 (Agif – Haris) 222 Suara, dan 55 Suara Tidak Sah. Sehingga yang menjadi pemenang Nomor Urut 1 (Natasya – Fida).(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini