SUMUT

NASIONAL

Waspada, Penyebaran Covid-19 Mendadak Menggemparkan Di Humbahas

Sabtu, 05 September 2020 | 22.08 WIB
Kali Dibaca |

Satgas Pencegahan dan penanggulangan Covid 19 Kabupaten Humbahas saat melakukan Tracing kepada Warga terduga terpapar Covid 19.
Humbahas, Metrokampung.com
Penyebaran Covid-19 tampaknya tak terbendung dan semakin menggila di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Kabar tentang lonjakan pasien terpapar virus Corona sontak menggemparkan Masyarakat Humbang Hasundutan, bahkan warga di kabupaten -kabupaten tetangga.

Dilansir dari Up-Date terbaru, fanpage Pemkab Humbahas, Jumat (4/9) pukul 22: 30 WIB, bahwa hasil dari pemeriksaan sampel Covid-19 (swab) dengan metode Test Cepat Molekuler (TMC) Laboratorium RSUD Tarutung, sebanyak tujuh orang kembali terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketujuh orang yang terpapar Covid-19 itu masing-masing, TL, 58, YMS, 24, JSA,2, JWCA 0,3 tahun, NFP,31, EP, 38, RBM,15. Sehingga Up-Date terakhir jumlah yang terpapar Covid-19 pada Jumat (4/9) kemarin sebanyak 15 orang.

Juru bicara Satgas pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Humbahas, Hotman Hutasoit kepada media Jumat (4/9/2020) mengatakan, bahwa tujuh orang yang baru terkonfirmasi Covid-19 belum bisa dijelaskan secara detail untuk alamat, pekerjaan dan riwayat perjalanan. Namun setelah Satgas melakukan tracing dan edukasi, pihaknya akan melakukan publikasi dalam fanpage Pemkab Humbahas.

"Mengingat pihak RSUD Dolok Sanggul dan Dinas Kesehatan Humbahas sangat sibuk melakukan tracing dan mengedukasi para pihak untuk melakukan rapid test serta pengambilan specimen swab, maka kami belum bisa menyedikan data kronologis, data pekerjaan dan data alamat terkonfirmasi positif Covid-19 atas nama tersebut di atas. Jika datanya telah tersedia, segera kami publikasikan dalam fanpage Pemkab Humbahas," terang Hotman.

Untuk memutus penyebaran Covid-19, atasnama pemerintah, Hotman meminta semua lapisan masyarakat agar disiplin mentaati standart operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19, menegakkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari dan tetap waspada demi keselamatan bersama.

Hotman juga meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap tetangga keluarga dan lingkungan. Yang terkonfirmasi Covid-19, mohon untuk berempati untuk memberikan bahan makanan atau upaya lain untuk mengalahkan Covid.

"Yang terkonfirmasi jangan dijauhi namun berempati, karena itu bukan aib namun bencana yang melanda dunia," tukas Hotman.

Kedepan, lanjut Hotman, untuk memutus penyebaran Covid-19, pihaknya akan mendorong Kades (kepala desa) se Humbahas untuk mengaktifkan Siskamling untuk memantau masyarakat atau warganya yang bepergian ke wilayah zona merah Covid-19.

Melakukan penegakan Perbub Nomor: 48/2020 tentang penerapan protokol kesehatan. "Jika seseorang tidak menerapkan protokol kesehatan atau tidak memakai masker, maka akan diberi sanksi kerja sosial atau denda," tukasnya.

Dengan penegakan Perbub Nomor: 48/2020, sambung Hotman, masyarakat diharapkan semakin sadar hingga akhirnya Covid-19 segera berakhir. (FT/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru