Bupati Deliserdang Ajak Masyarakatnya Inovasi Pangan

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam -metrokampung. com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke- 38 tingkat Kabupaten Deli Serdang, Selasa (4/12) di Gedung Balairung mengajak masyarakat untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan hasil produktifitas maupun penemuan baru demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan

“Mari kita jadikan peringatan hari pangan sedunia ke- 38 ini sebagai momentum untuk terus berinovasi dalam meningkatkan hasil produktivitas pangan, melalui pemanfaatan lahan, baik melalui intensifikasi maupun penemuan yang baru, demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan, sehingga Deli Serdang menjadi sebagai salah satu penopang Indonesia menuju lumbung pangan dunia pada tahun 2045”, kata Bupati H Ashari Tambunan.


Kepala Daerah juga pada kesempatan itu mengatakan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar pokok bagi setiap manusia yang harus terpenuhi, baik dari ketersediaan, keterjangkauan maupun keamanannya.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar pokok bagi setiap manusia yang harus terpenuhi, baik dari ketersediaan, keterjangkauan maupun keamanannya. Karena dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, sangat berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia yang dihasilkan”, katanya.

Bupati Deli Serdang pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak dan pihak lainnya yang selama ini berkontribusi dalam memberi dukungan kepada masyarakat yang melakukan inovasi-inovasi di bidang pangan.


“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak dan pihak lainnya yang selama ini berkontribusi dalam memberi dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang berkegiatan melakukan inovasi-inovasi di bidang pangan” ucap Bupati H Ashari Tambunan.

Hari Pangan ini juga ditandai dengan penyerahan berbagai bantuan CSR seperti Sub Terminal Agribisnis Cluster Cabe dari Bank Indonesia kepada Bupati Deli Serdang, dan selanjutnya Bupati menyerahkan kepada kelompok Juli Tani Kecamatan Beringin. Begitu juga dengan PT Anugerah Pupuk Lestari menyerahkan bantuan kepada Bupati Deli Serdang dan selanjutnya Bupati menyerahkan kepada Ketahana Pangan Deli Serdang.

Pada Peringatan Hari Pangan tersebut Bupati Deli Serdang yang saat itu bersama  Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kepala Perwakilan Bank Indonesia H Ilham Trisna, Sekdakab Darwin Zein, Kadis Ketahanan Pangan Syarifah Alawiyah, Tokoh masyarakat pertanian Abdul Rauf memberikan penghargaan kepada para kader pangan yang telah melakukan inovasi-inovasi pangan di Deli Serdang.

Adapun Penerima penghargaan tersebut Aisyah Nurhayati Kader Pangan asal tumbuhan dengan produk jamur dan olahan serta pembibtan jamur, Suhendri kader pangan asal ternak yang memproduksi telur puyuh serta pembibitan burung puyuh, Lamidi memiliki penghasilan harian, bulanan dan tahunan dengan produknya telur itik, ikan lele dan kambing, Darwis Harahap Belajar berkebun Kopi kini telah sukses menjadi pengusaha kopi.

Bambang Hariadi seorang guru menjadi pengusaha susu kambing etawa, Ramkana Pemamfaatan perkarangan rumah untuk kegiatan menjadi Kawasan rumah pangan, Alimuddin pengembangan usaha beternak puyuh, Nur Jannah mendidik para karyawan menjadi mitra kerjanya untuk mengelola usaha Bakery dan Suriani seorang kader pangan yang memproduksi makanan cemilan stik labu kuning.

Bupati juga menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat dan kelompok Tani seperti bantuan modal, bantuan ternak, bantuan bedah rumah, bantuan benih tanaman, bantuan tractor, handsprayer, pompa air, bantuan bibit buah buahan dan bantuan alat panen ikan.(dra)
Share:
Komentar


Berita Terkini