Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga Diresmikan Wakil Menteri ESDM Bersama Wabup DS

Editor: metrokampung.com

Tamora - metrokampung. com
Pemasangan jaringan gas bumi di Kecamatan Tanjung Morawa sudah mulai dilakukan sejak pertengahan tahun lalu. Selain di Desa Tanjung Morawa A juga terpasang di desa Tanjung Morawa B, Wonosari, Dalu X A, Dagang Krawang, Dagang Klambir dan Tanjung Morawa Pekan.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar meresmikan pemakaian jaringan gas bumi rumah tangga yang sudah terpasang di tujuh desa di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang Rabu, (6/3). Pemasangan jaringan gas bumi ini sudah selesai dikerjakan pada akhir tahun 2018 dengan jumlah 5600 jaringan. Acara peresmian dilakukan di Desa Tanjung Morawa A dengan ditandai pemotongan pita dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deliserdang, Zainuddin Mars,yang didampingi Kadis Perkim Khoirum Rizal, Kadis Capil Mahruzar SH, beberapa anggota DPR dan DPD serta sejumlah pejabat Kementerian ESDM.


Pada saat acara peresmian itu, Zainuddin Mars sempat menyampaikan harapannya agar pemasangan jaringan gas bumi itu dapat dilakukan kembali oleh Kementerian ESDM sehingga jumlahnya bisa bertambah. Disebut sudah dari beberapa waktu lalu Pemkab mengirimkan permohonan kepada Kementerian ESDM agar pemasangan jaringan bisa ditambah sebanyak 25 ribu sambungan lagi. Dirinya berpendapat pemasangan jaringan gratis sebanyak 5600 di Kecamatan Tanjung Morawa sebenarnya masih terasa kurang.

"Kita merasa bangga karena untuk pertama kalinya kami bisa menikmati 5600 sambungan di Kecamatan Tanjung Morawa yang masyarakatnya kurang lebih ada 100 ribu lebih. Ini sebenarnya belum apa-apa karena seperti yang kami mohonkan ke bapak agar dikemudian hari bisa ditambah lagi pemasangan jaringan sebanyak 25 ribu lagi sambungan. Deliserdang penduduknya 2,4 juta kurang lebih,"ujar Zainuddin Mars.


Deliserdang sendiri, lanjut Zainuddin memiliki wilayah pesisir dengan panjang garis pantai 65 Km. Jika hal serupa juga dialiri ke wilayah pesisir pantai katanya tentu akan bisa menaikkan harkat dan martabat mereka. Atas nama Pemkab ia bilang agar salamnya dapat disampaikan kepada Presiden Joko Widodo lantaran atas programnya yang sangat bermanfaat kini warga bisa menikmatinya dan diharapkan kedepan bisa dapat dilanjutkan.

Menjawab apa yang disampaikan oleh Zainuddin Mars itu, Archandra Tahar pun sempat memberikan penjelasan mengenai gambaran pengeluaran biaya yang dikeluarkannya. Disebut untuk di wilayah Tanjung Morawa ini biaya untuk pemasangan satu jaringan bisa menghabiskan biaya Rp 8 hingga 11 juta. Jika pihaknya langsung merespon apa yang dipintakan maka katanya bisa dikeluarkan anggaran sebesar Rp 250 Miliar.

" Sementara APBN kita terbatas pak. Kita tidak tahu tahun depan (anggaran Kementerian ESDM) seperti apa. PAD (pendapatan asli daerah) di sini berapa? Tapi kalau 1/4 nya dianggarkan (untuk pemasangan jaringan) kan selesai. Kalau pemakaiannya bisa hemat ini mulai Rp 80 hingga 90 ribu perbulan,"kata Archandra.

Kepada perwakilan warga yang diundang karena rumahnya sudah dipasangi jaringan gas bumi ini Archandra meminta agar masyarakat dapat melakukan pemeliharaan ataupun perawatan sebaik mungkin. Hal ini lantaran untuk masa pemeliharaan pekerjaan oleh kontraktor hanya satu tahun saja. Setelah momen acara seremonial Archandra pun kemudian sempat melakukan peninjauan ke rumah warga yang jaringan gasnya sudah bisa dimanfaatkan.(dra/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini