SUMUT

NASIONAL

Honor Tak Kunjung Cair, Kades Dan Perangkat Di Karo Mengeluh

Senin, 06 Juli 2020 | 21.15 WIB
Kali Dibaca |

Camat Berastagi Mirton Ketaren ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya.
Karo, Metrokampung.com
Sejumlah Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa Sekabupaten Karo mengeluh, pasalnya honor yang hampir memasuki bulan ke 7 tak kunjung cair sehingga kades  dalam menjalankan roda pemerintahan desa banyak mengalami kendala.

Seperti diungkapkan salah satu Kades di Kabupaten Karo yang tidak mau namanya di sebutkan demi jabatannya ketika di konfirmasi wartawan Senin (06/07/2020) mengatakan  bahwa ADD, DD sangat dibutuhkan oleh desa untuk menunjang program dalam menjalankan roda pemerintahan, namun kenyataannya memasuki bulan Juli 2020, ADD tak kunjung cair kususnya Honor Kades dan perangkatnya.

"Memang pembagian BLT dari Dana Desa, baik Tahap I bulan pertama hingga ketiga  sebagian sudah di salurkan , tapi honor kami sampai detik ini kok belum ada pencairan," ketusnya.

"Seharusnya Pemkab Karo melalui Dinas terkait harus cepat mencairkan ADD ini, namun kami sayangkan belum ada titik terang kapan honor belum kami terima," keluh Kades tersebut.

Sementara dalam mendukung program dari kabupaten dan melaksanakan kegiatan perlu dana dan ADD selama ini digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak yang sudah ada diatur dalam pos kegiatan.

"Kalau tidak ada dana, kita terpaksa berhutang dalam melaksanakan kegiatan, tetapi untuk membayar honor perangkat desa terpaksa menunggu dana tersebut cair, bahkan hutangpun sudah ada di salah satu toko dalam pembelian Disinfektan untuk penyiraman di lingkungan Desa dalam mendukung kinerja gugus tugas untuk memutus mata rantai virus corona ini," kata Kades menambah.

Jadi kami harapkan kepada Pemerintah Kabupaten Karo agar secepatnya mencairkan Dana Desa tersebut agar roda pemerintahan desa bisa berjalan kembali . Ya kalau bisa , paling tidak honor perangkat inilah kita dulukan, karena sudah hampir 7 bulan tak gajian , kan kasihan kita melihat kondisi ini , bahkan untuk dapur mereka pun, dari honor merekalah yang di harapkan. 

Sementara bantuan berbentuk sembako kan kami sebagai pemerintah desa tidak berhak mendapat bantuan baik dari BLT , BST maupun dari yang lainya . Jadi besar harapan kami , agar instansi terkait sesegera mungkin mencairkan Dana Desa agar honor perangkat maupun kades bisa di bayarkan," ucap Kades tersebut.

Terpisah Camat Berastagi Mirton Ketaren ketika di konfirmasi wartawan dengan keluhan Kades tersebut, dirinya membenarkan  apa yang di sampaikan Kades tersebut, "betul sampai saat ini honor Kepala Desa maupun perangkatnya belum cair," ujarnya.

"Tapi apa boleh buat, dengan stuasi kita pada saat ini, pemerintah pun tidak bisa juga kita salahkan, bahkan kita melihat langsung ditengah Pandemi ini, sangat banyak anggaran yang terserap untuk menangani Covid 19 Ini, baik bantuan BLT, BST,  maupun bantuan sembako.

lJadi kita berharap kepada Kades maupun stafnya semua agar bersabar. Mudah mudahan dalam waktu dekat ini , pencairan honor Kades dan perangkatnya bisa terealisasi," ucap Mirton.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru